
YOGYAKARTA – Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar pekerjaan admin gudang, namun tahukah Anda apa tugas admin gudang dalam dunia logistik?
Admin gudang adalah sosok yang mengelola persediaan barang di dalam gudang. Pengelolaan tersebut meliputi pencatatan, penyimpanan, hingga pengiriman barang. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab dalam administrasi gudang.
Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai tugas admin gudang, kualifikasi yang dibutuhkan dan kisaran gajinya.
Admin Gudang AdalahMenyadur laman Climb, admin gudang atau warehouse administrator adalalah profesi yang bertanggung jawab atas pengelolaan persediaan yang ada di dalam gudang.
Gudang sendiri merupakan tempat penyimpanan barang atau produk baik berupa bahan mentah, suku cadang, barang dalam proses, dan barang jadi dari titik asal sampai titik konsumsi.
Agar persediaan di dalam gudang bisa didistribusikan ke tangan konsumen denga naman, dibutuhkan admin gudang yang bisa mencatat beberapa hal, seperti jumlah stok barang yang tersedia di gudang serta status dan kondisi barang yang disimpan.
Dalam menjalankan pekerjaannya, admin juga harus memasukkan data ke dalam inventaris supaya lebih mudah ketika tim akunting melakukan perhitungan.
Tugas Admin GudangTugas utama admin gudang adalah melacak dan mengelola inventaris yang ada di gudang, serta melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan operasional gudang.
Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tugas admin gudang dalam manajemen pengelolaan barang di gudang:
- Melakukan pembukuan untuk semua barang masuk dan keluar untuk memastikan persediaan barang ada di gudang.
- Melakukan penyimpanan barang secara tertib dan teratur.
- Mengklasifikasikan barang-barang yang masuk ke dalam gudang, misalnya berdasarkan jenis, ukuran, warna atau merek.
- Memeriksa dan melaporkan stok barang di gudang.
- Memperbarui barang yang memasuk expired periode atau masa kedaluwarsa.
- Membantu perawatan barang, pemeliharaan peralatan dan kebersihan ruangan tempat penyimpanan barang.
- Memastikan atau mengecek barang retur yang datang dari konsumen sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan.
- Meng-input data inventori dengan mencatat keseluruhan aktivitas barang yang keluar masuk gudang.
- Menjalin koordinasi dengan departemen lain untuk memastikan pesanan dikirim tepat waktu, barang rusak diganti, dan pelanggan selalu mendapat informasi tentang status pesanannya.
- Memastikan bahwa anggota staf gudang mengikuti kebijakan dan prosedur perusahaan untuk pengendalian inventaris dan pengemasan.
Kualifikasi pendidikan untuk pekerjaan admin gudang umumnya membutuhkan ijazah minimal sekolah menengah atas. Akan tetapi, beberapa perusahaan juga mensyaratkan pelamar mempunyai gelar sarjana di bidang terkait seperti manajemen inventaris, manajemen gudang, dan manajemen logistik.
Kualifikasi admin gudang yang lainnya, yakni memiliki pengalaman kerja pada bidang yang relevan. Bagi pelamar yang tidak mempunyai pengalaman kerja, biasanya perusahaan akan menyiapkan pelatihan untuk karyawan.
Selain itu, skill atau keterampilan yang dibutuhkan admin gudang yakni keterampilan manajemen inventaris, komunikasi, analis data, pemecahan masalah, dan fokus terhadap hal-hal detail.
Gaji Admin GudangGaji admin gudang di Indonesia bervariasi, tergantung pada perusahaan, lokasi, pengalaman, dan kualifikasi yang dimiliki.
Berdasarkan data yang dihimpun VOI, gaji admin gudang beerkisar antara Rp2.000.000 hingga Rp6.500.000. Akan tetapi, perlu diingat bahwa angka ini merupakan estimasi kasar dan bisa berbeda secara signifikan.
Selain gaji pokok, beberapa perusahaan juga memebrikan tunjangan atau insentif lainnya untuk posisi admin gudang, seperti tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan kesehatan, bonus kinerja, dan uang lembut. Hal ini tentu bisa menambah pendapatan admin gudang.
Demikian informasi tentang tugas admin gudang. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.
Posting Komentar